BUKU YANG “DIBELOKKANâ€

Ade Parlaungan Nasution

Abstract


Sepanjang sejarah kehidupan manusia, banyak karya-karya para tokoh-tokoh besar yang mempengaruhi peradaban dan manusia itu sendiri, pada abad yang lampau, Ibnu Sina, Misalnya adalah tokoh yang berpengaruh dalam bidang kedokteran yang sampai saat ini karyanya masih tetap abadi. Ibnu Khaldun, dalam buku “Mukaddimah†nya  mengajarkan manusia tentang sosiologi dan administrasi pemerintahan.

Dunia dan peradabannya berubah melalui pemikiran manusia yang ditopang oleh ilmu pengetahuan. Eropa mulai berkembang pada masa renaisaance (abad pencerahan) dimana tradisi-tradisi takhyul didobrak paksa oleh para ilmuwan dan pemikir-pemikir barat pada waktu itu.

Setelah abad pencerahan, yang secara tegas memisahkan agama dan ilmu pengetahuan, bermunculan lah pemikir-pemikir baru yang merubah pandangan tentang dunia selama ini, sebut saja Charles Darwin dengan Teori Evolusi yang telah memberikan horison baru tentang evolusi flora dan fauna, Hegel dengan Filsafat Sejarahnya, Newton dan Leonardo Da Vinci dengan penemuan-penemuan fisika dan ilmu alam lainnya yang memutar balikkan persepsi masyarakat selama ini tentang definisi alam dan dunia.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.